Mewujudkan Program Hidup Sehat dan Budaya Bersih Serta Berbudi Luhur di Kampung Parung Kored Bersama Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur

KKN UBL 2022, Kp. Parung Kored, FISIP, DRPM

Tengah tahun 2022 ini, Kelompok KKN 37, 38 dan 39 Unversitas Budi Luhur melaksanakan Kerja Kuliah Nyata yang berada di Kampung Parung Kored, Kelurahan Parung Jaya, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang. KKN tersebut berlangsung selama 1 (satu) bulan yang berlangsung pada tanggal 09 Juni – 09 Juli 2022. Dalam proses pembukaan sebagai awal dari perkenalan mahasiswa Universitas Budi Luhur, beberapa tokoh masyarakat setempat seperti RT, RW, Ketua PKK serta perwakilan dari Kelurahan Parung Jaya hadir dalam acara pembukaan. Pemotongan nasi tumpeng memberikan tanda sebagai awal dari diterimanya mahasiswa Universitas Budi Luhur kelompok 37, 38, dan 39 untuk melaksanakan KKN.

Kegiatan KKN kali ini cukup unik karena selain ketiga kelompok KKN Universitas Budi Luhur memasuki satu area yang sama yaitu kp. Parung Kored, namun dibagi ke 3 RT berbeda oleh Lurah Parung Jaya bapak H. Murdani, S.Ag didampingi Dosen Pembimbing Lapangan – UBL bapak Andrea Abdul Rahman. M.Si, berserta jajaran kelurahan dan ketua RW serta warga masyarakat dalam rapat desa di kediaman ketua RW 02 Parung Kored.

Adapun kelompok-kelompok KKN dibagi sebagai berikut, Sembilan Mahasiswa Kelompok 39 dengan tema “Melestarikan Budaya Kesehatan” berada di RT 04/RW 02, Empat Mahasiswa Kelompok 38 dengan tema “Membangun Nilai-nilai Kebudiluhuran Dengan Ruang Baca” berada di RT 02/RW 02, dan Lima Mahasiswa Kelompok 37 dengan tema “Membangun Edukasi Pola Hidup Sehat” berada di RT 01/RW 02. Dalam ketiga kelompok, ikut serta empat orang mahasiswa dan mahasiswi dari FISIP-UBL. Salah satu bentuk program yang berhasil diwujudkan adalah mengenalkan anak-anak warga setempat bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar serta memberikan tempat untuk mencuci tangan. Kemudian Kelompok KKN juga berkeliling door to door untuk meberikan edukasi mengenai pencegahan virus DBD yang dibarengi oleh pemberian abate. Lalu, mengajak anak-anak warga setempat untuk menanam tanaman hias dan tanaman obat yang berguna untuk penghijauan, selain memperkenalkan nilai-nilai kebudiluhuran dengan Ruang Baca Budi Luhur. Selain itu, Kelompok KKN juga melakukan kerja bakti yang berada di Mushola Nurul Iman Parung Jaya. Masyarakat setempat sangat antusias dengan adanya mahasiswa yang melaksanakan KKN di Kampung Parung Kored, Kel. Parung Jaya yang memberikan dampak positif untuk masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.