G-8: Efek Rumah Kaca Berkurang Separuh pada 2050

RUSUTSU, SELASA – Perdana Menteri Jepang Yasuo Fukuda mengatakan, negara-negara G-8 sepakat mendorong pemangkasan gas rumah kaca hingga separuhnya pada 2050.

Fukuda mengatakan, kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan puncak G-8 di Jepang, Selasa (8/7). Ia menambahkan, organisasi negara-negara industri itu juga meminta setiap negara mematok target jangka menengah untuk mengatasi pemanasan global. Menurut Fukuda, setiap negara anggota G-8 mengungkapkan keprihatinannya terhadap krisis pangan dan melangitnya harga minyak. Meski begitu, mereka masih melihat secara positif masa depan ekonomi dunia.

Dalam komunike yang dikeluarkan Selasa, atau hari kedua pertemuan itu, para pemimpin itu juga mendesak negara-negara produsen meningkatkan produksi dan kapasitas pengolahan minyak untuk menghadapi lonjakan harga itu. Mereka juga mengimbau efisiensi dan mencari sumber energi alternatif.

G-8 (Group of Eight) terdiri atas Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Kanada, dan Rusia. Kompas, selasa : 8 Juli 2008

Comments are closed.