Pemuda, Media, dan Perdamaian: Training of Trainers (ToT) Tahap 1 kolaborasi Prodi HI UBL, Prodi Ilmu Komunikasi UBL, dan Karang Taruna RW 04, Ulujami, Pesanggrahan Jakarta Selatan

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (Prodi HI UBL) kembali mengadakan program pengabdian pada masyarakat tematik di wilayah RW 04, Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Program pengabdian ini merupakan kelanjutan program pengabdian pada semester sebelumnya yang terintegrasi bersama penyelenggaraan proyek akhir mata kuliah Sustainable Development dan berkolaborasi bersama sektor privat, pemerintah, dan Program Studi Teknik Elektro dengan tema besar kampanye anti kekerasan seksual pada remaja, kampanye anti perundungan pada anak-anak, dan ketahanan pangan melalui pembangunan kebun hidroponik.

Pada semester ini, program pengabdian mengikutsertakan kolaborasi dengan Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Teknik Elektro, serta terintegrasi dengan bersama penyelenggaraan proyek akhir mata kuliah Resolusi Konflik dengan tema besar literasi digital, pendidikan perdamaian, dan energi terbarukan.

Program pada tema literasi digital dan pendidikan perdamaian diselenggarakan dalam bentuk training of/for trainers (ToT) dengan peserta utama adalah pengurus dan anggota Karang Taruna RW 04. Program diselenggarakan dalam 3 (tiga) kali putaran fokus kepada teknik penyaringan informasi di media sosial dan media massa, serta pendidikan perdamaian dalam bentuk pelatihan respon terhadap informasi yang beredar dan terhadap proses penyaringan informasi di dunia maya dan fisik. Program ini telah melibatkan partisipasi aktif 4 orang instruktur, 22 orang pengurus dan anggota Karang Taruna RW 04, serta sekitar 60 mahasiswa/i Universitas Budi Luhur dari berbagai angkatan dan latar belakang disiplin ilmu.

Adapun tim pengabdian sekaligus instruktur terdiri atas Sdri. Tulus Yuniasih, Drs. Ahmad Pramegia, serta Dr. Yusran yang berasal dari Prodi HI dan Prodi Ilmu Komunikasi. Untuk instruktur eksternal, program ini mengundang Sdr. Fernan Rahadi, Jurnalis Harian Republika Yogyakarta. Program diselenggarakan secara luar dan dalam jaringan dalam rangka menyesuaikan konteks waktu dan kegiatan para peserta.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.