Iran Abaikan Barat

TEHERAN(SINDO) – Iran kembali menegaskan sikapnya untuk tidak mundur dari program pengayaan uranium,meski enam kekuatan dunia terus mendesak Teheran.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad kemarin menyatakan permintaan penghentian pengayaan uranium di Iran dianggapsebagailangkahilegal. Melalui sejumlah pernyataan yang dilontarkan Ahmadinejad, Teheran sepertinya tidak akan menghentikan program pengayaan uranium.

”Ini adalah skenario yang berulang-ulang. Di satu sisi, negara besar itu meminta bernegosiasi. Di sisi lain,mereka mengancam dan mengatakan kami harus memberikan permintaan ilegal mereka dan mengabaikan hak kami,”ungkap Ahmadinejad saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) D-8 di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin, seperti dikutip kantor berita IRNA.

Pernyataan Ahmadinejad muncul sebagai respons tawaran paket insentif yang dijanjikan enam kekuatan dunia untuk menyelesaikan krisis nuklir di Iran. Melalui paket itu, enam kekuatan dunia (AS, Rusia, China, Inggris, Prancis, dan Jerman) berjanji memberikan bantuan teknologi terhadap Iran dengan syarat bersedia menghentikan aktivitas pengayaan uranium. sumber : sindo, 8 juli 2008

Comments are closed.