Kinerja Birokrasi Kita

Oleh : Bambang Pujiyono 

Setahun birokrasi berjalan, tentunya ada hal-hal menarik yang perlu dikaji. Kita tahu, birokrasi merupakan institusi yang menggerakkan pembangunan. Tanpa peran birokrasi, nampaknya pembangunan akan mengalami stagnasi dan mungkin kehilangan arah. 

Sepanjang tahun ini, prestasi kinerja birokrasi mengalami fluktuasi. Upaya pemerintah untuk memperbaiki kondisi internal birokrasi melalui pelbagai strategi seperti rekrutmen yang ketat, perbaikan kesejahteraan, mekanisme kerja yang transparan telah dilakukan. Strategi tersebut dilaksanakan dalam rangka menciptakan konstruksi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan publik secara efisien. 

Bencana alam memberikan ujian pertama terhadap komitmen di atas. Ketika beberapa daerah mengalami bencana alam ternyata mesin birokrasi belum mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Kegagalan ini nampak sangat membekas di hati publik, sehingga kinerja birokrasi dinilai masih jauh dari harapan. lihat :http://els.bappenas.go.id/upload/other/Kinerja%20birokrasi%20masih-BI.htm 

Comments are closed.