International Relations on Public Speaking

Laboratorium Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur Kembali menyelenggarakan International Relations (IR) Workshop on Public Speaking. Kegiatan ini berlangsung secara daring melalui platformZoom Meeting guna mengoptimalkan proses pelatihan dengan memperhatikan tingkat pandemi COVID-19. Pelatihan ini diselengarakan pada Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 08.00 – 11.30 WIB dan dihadiri oleh sebanyak 34 mahasiswa/i Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Budi Luhur, yang sedang mengikuti mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah (TPI) pada Tahun Ajaran 2021/2022.

IR Workshop on Public Speaking yang telah terlaksana kali ini kembali menghadirkan Rahajeng Puspito, S.I.Kom, M.I.Kom (Miss Ajeng) selaku Pemateri, yang merupakan Dosen Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif (FKDK) Universitas Budi Luhur serta sebagai Icon Director di Mother on Mission. Miss Ajeng memperkenalkan public speaking beserta elemen-elemennya, pemahaman keliru mengenai public speaking, kecemasan-kecemasan yang umumnya dihadapi beserta penyebabnya. kecemasan dalam public speaking.


Kegiatan IR Workshop on Public Speaking dibuka oleh Shofiyyah Almaas Muria selaku Master of Ceremony (MC). Selain dihadiri oleh pembicara serta peserta dan tim dosen mata kuliah TPI, kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Ibu Anggun Puspitasari, S.IP, M.Si. Setelah pembukaan oleh MC, Kak Elistania, S.IP, M.Si, selaku salah satu anggota tim dosen, memberikan kata sambutan. Beliau menjelaskan proses pelatihan kompetensi yang signifikan bagi calon lulusan HI, yang telah berlangsung bagi peserta mata kuliah sejak Angkatan 2017. Setelah sesi foto bersama, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan diskusi materi oleh Miss Ajeng. Pada pengenalan public speaking, Miss Ajeng menjelaskan public speaking merupakan merupakan suatu kemampuan berbicara di depan umum. Kemampuan ini perlu memperhatikan beberapa elemen-elemen seperti speaker, audience, message, noise, context, channel, dan ethics.

Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya public speaking yang pada dasarnya bisa untuk dipelajari. Pembicara juga menekankan bahwa dalam menjalankan public speaking, pembicara perlu memiliki artikulasi yang jelas. Sesi materi dan tanya jawab berjalan secara interaktif, yang didukung oleh kepatuhan peserta dalam menyalakan kamera dan memastikan bahwa microphone dapat dinyalakan sewaktu-waktu. Sesi materi dan tanya jawab dilanjutkan dengan sesi simulasi. Pada sesi ini, peserta yang telah mempersiapkan paparan hasil penelitian mini ilmiahnya pada mata kuliah Teknik Penulisan Ilmiah, diberikan waktu untuk berlatih teknik public speaking dibawah bimbingan Miss Ajeng. Miss Ajeng tidak hanya memberikan umpan balik berupa masukan membangun terkait praktik public speaking tetapi juga terkait penyusunan paparan sehingga dapat membantu mahasiswa dalam menjalankan public speaking sebagai teknik komunikasi yang efektif.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengen penutup yang disampaikan oleh Kak Tulus Yuniasih, S.IP, M.Soc.Sc selaku salah satu anggota tim dosen pengampu. Beliau menekankan beberapa poin penting dalam pelatihan serta menekankan Kembali pentingnya kompetensi public speaking bagi calon lulusan Prodi Ilmu HI UBL. Kegiatan ditutup dengan foto bersama. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan ini, dapat menghubungi Laboratorium HI (laboratoriumhi@budiluhur.ac.id)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.