Seminar Kriminologi: “The Age of Cyberbullying and Cyberharassment”

IMG_2724[1]aCiledug , FISIP UBL – Rabu 25 Juni 2014, pukul 09.00 WIB, Program Studi Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Budi Luhur (UBL) menyelenggarakan Seminar dengan tema cyber crime berjudul “The Age of Cyberbullying and Cyberharassment”. Seminar yang berlangsung di Ruang Perpustakaan UBL ini dihadiri oleh kurang lebih 127 peserta yang berasal dari kalangan siswa SMA, mahasiswa dan umum.

Cyberbullying dan cyberharassment berada dalam lingkaran besar cybercrime yang pada dasarnya adalah kejahatan dunia maya dengan menggunakan jaringan internet, dan jumlahnya terus meningkat akibat kenaikan perkembangan dunia IT yang eksponensial. Penganganan hukum dilakukan pihak Kepolisian, serta peran lembaga pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dan karakter yang berbudi luhur. Masa depan bangsa adalah ditangan adik-adik sekalian. Student today, leader tomorrow ”, ujar Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, Ph.D , Rektor UBL saat menyampaikan pidato sambutannya.

Menurut Prof. Suryo, jika dulunya kejahatan menggunakan cara tradisional, kini kejahatan menggunakan teknologi. Survey Kompas menyatakan bahwa kejahatan cyber saat ini sangat tinggi dimana cyberbullying adalah untuk anak yang berusia dibawah 18 tahun, sedangkan cyberharassment adalah untuk mereka yang berusia diatas 18 tahun. Hal ini merupakan tanggungjawab bersama, yang mana kasus-kasus ini ditangani oleh kepolisian, disertai peran serta lembaga pendidikan untuk meningkatkan kompetensi dan karakter yang berbudi luhur. “Masa depan bangsa adalah ditangan adik-adik sekalian. Student today, leader tomorrow.” Ujar Prof. Suryo sebagai penutup sambutannya.

Pembicara dalam seminar ini adalah Prof. Dr. Ronny R. Nitibaskara (Guru Besar Kriminologi), AKBP Heru Yulianto (Bareskrim Polri), dan Vitria Lazzarini (Psikolog) dengan Denik Iswardani Witarti, Ph.D sebagai moderator. Masing-masing pembicara dalam seminar ini menjabarkan fakta-fakta seputar kasus cyber bullying dan cyber harassment yang bermunculan di masyarakat, meliputi gejala, ciri-ciri serta karakter pelaku dari sudut pandang kriminologis dan psikologis, pola viktimisasi, relasi antara pelaku dan korban serta teknis penanganan hukum yang dilakukan oleh Divisi Cyber Crime Bareskrim Polri dalam menumpas jenis kejahatan tersebut.

Seminar yang didukung sepenuh oleh FISIP UBL ini bertujuan untuk mensosialisasikan program studi Kriminologi yang baru didirikan tahun lalu. Sebagai penutup seminar, Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM, M.Si, Ketua Program Studi Kriminologi, menyampaikan mengenai kekhususan yang ada dalam program studi ini (Cyber Crime, Crime Journalism dan Industrial Security Management), mata kuliah yang diajarkan serta prospek lulusan program studi Kriminologi UBL.

Sebagian peserta kemudian memperoleh kesempatan untuk mengunjungi langsung laboratorium cyber crime di Cyber Crime Investigation Satellite Office (CCISO) Polda Metrojaya. Mereka mendengarkan pemaparan mengenai kasus-kasus yang biasa terjadi dan melihat langsung alat-alat yang digunakan oleh laboratorium cyber crime dalam penyidikan.

IMG_2727[1]IMG_2687[1]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.