Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Budi Luhur Meluncurkan Buku “Mendamaikan Syariah dan NKRI: Strategi Mobilisasi dan Retorika Gerakan Islam Revivalis Forum Umat Islam (FUI)”

Rabu (02/10/2019), Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Budi Luhur Bapak Fahlesa Munabari, Ph.D meluncurkan buku “Mendamaikan Syariah dan NKRI: Strategi Mobilisasi dan Retorika Gerakan Islam Revivalis Forum Umat Islam (FUI)”. Kegiatan peluncuran sekaligus bedah buku ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (Himahi) Universitas Budi Luhur di Graha Mahardhika Bujana, Universitas Budi Luhur.

“Buku Mendamaikan Syariah dan NKRI ini adalah hasil penelitian panjang penulis mengenai gerakan Islam yang jika diizinkan saya menyebutnya dengan istilah revivalis atau gerakan Islam revivalis di Indonesia pasca lengsernya rezim Presiden Soeharto” ujar Bapak Fahlesa.

Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat K.H. Muhammad Cholil Nafis, Ph.D turut hadir  mewakili Ketua Umum MUI Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin. Pada sambutannya, K.H. Cholil Nafis mengatakan bahwa NKRI merupakan hasil kesepakatan aspirasi kenegaraan beberapa golongan, bila disederhanakan ada dua golongan utama yang pandangannya berseberangan. Pertama golongan nasionalis yang menginginkan model negara kebangsaan sekluer, kedua adalah golongan Islam yang menghendaki negara Islam atau bukan negara Islam, tapi Islam menjadi agama resmi atau negara menjamin penerapan syariah Islam sebagai ajaran yang dipeluk sebagian besar penduduk Indonesia. Titik temu bisa dicapai setelah Pancasila hadir sebagai dasar negara.

Peluncuran buku ini juga dihadiri oleh Plt. Rektor Universitas Budi Luhur Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc., MM dan Dekan FISIP Dr. Rusdiyanta, M.Si. Sesi Bedah Buku diisi oleh Fahlesa Munabari, Ph.D, Guru Besar Hubungan Internasional Universitas Pelita Harapan Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Syarif Hidayatullah Prof. Zulkifli, Ph.D , dan Dosen FISIP Muhammad Zaky, M.H selaku moderator.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.