Laboratorium Hubungan Internasional FISIP Universitas Budi Luhur Adakan Tutorial Metode Penelitian Sosial

Metodologi Penelitian Sosial (MPS) merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa hubungan internasional. Mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial merupakan mata kuliah lanjutan dari Teknik Penulisan Ilmiah dimana setiap mahasiswa membutuhkan kemampuan dasar dalam menulis ilmiah. Pada mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari logika berpikir yang sistematik dan budaya ilmiah dalam mencermati fenomena yang berlaku di dalam hubungan internasional secara kritis dan berkelanjutan. Metodologi Penelitian Sosial dipelajari melalui tanya jawab, diskusi, dan studi literatur. Sehingga melalui mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami metodologi ilmu yang berkembang dan digunakan dalam melakukan kajian keilmuan Hubungan Internasional. Untuk itu, dalam membantu mahasiswa/i Universitas Budi Luhur, khususnya mereka yang berada di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, maka Laboratorium Diplomasi Hubungan Internasional menyelenggarakan Tutorial Metodologi Penelitian Sosial.

 

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan kegiatan Tutorial Metodologi Penelitian Sosial 2021 ini adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman mahasiswa/i secara mendasar mengenai penulisan proposal penelitian dan pemahaman dasar mengenai metode penelitian sosial. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa/idalam mengetahui fenomena-fenomena dalam hubungan internasional
  2. Memiliki kemampuan menerapkan konsep, teori, kaidah serta prinsip secara inovatif dalam memberikan jawaban terhadap permasalahan pembangunan dan hubungan internasional dengan dilandaskan dengan kebudi luhuran.

 

Bentuk kegiatan ini adalah berupa tutorial oleh pemateri kepada mahasiswa berupa penjelasan materi dan diskusi interaktif melalui online forum. Sasaran dan peserta dari kegiatan tutorial ini adalah mahasiswa/i Prodi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur angkatan 2019 yang sedang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial.

 

Realisasi Sesi Pertama Tutorial

Selasa, 21 April 2021

Online Forum (Google Meet)

Pemateri: Nisa Sabilla (Mahasiswa HI angkatan 2018)

 

Waktu Acara
14.00 Mulai Kegiatan
14.15 Penjelasan Materi
15.00 Sesi Diskusi/Tanya Jawab
15.30 Kegiatan Selesai

 

Hasil Pelaksanaan Kegiatan

Tutorial ini baru dilaksanakan sebanyak satu sesi dan akan dilanjutkan dengan sesi-sesi lainnya sehingga menjelang waktu UAS. Sesi pertama ini diadakan pada hari Rabu, 21 April 2021, dimulai pada jam 14.00 sampai dengan 15.30 melalui Google Meet sebagai media penyelenggaraan tutorial. Tutorial MPS pertama dihadiri oleh 26 peserta. Dalam tutorial, pemateri membahas tema yang berbeda sesuai dengan kebutuhan para peserta dalam memenuhi syarat penugasan ataupun ujian dalam mata kuliah Metodologi Penelitian Sosial. Pada sesi pertama ini, pemateri menjelaskan lebih spesifik mengenai apa itu metodologi Penelitian Sosial dan bagaimana menulis sebuah penelitian yang baik dan benar, seperti empat dari delapan stategi untuk mulai menulis penelitian dalam HI. Kegiatan ini berjalan cukup lancar, kondusif, dan interaktif meski terdapat keterbatasan waktu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.